Ekskul Robotik Rambah Sekolah Dasar

0
128
Sosialisasi ekskul robotika di aula SD Muhammadiyah 1 Surakarta, Jumat (13/7). (SEPTINA FADIA P/RADAR SOLO)

SOLO – SD Muhammadiyah 1 Solo akan membuka ekstrakurikuler (Ekskul) robotik dalam waktu dekat. Ekskul ini menggandeng Robota Robotic School. Akan dimulai pada tahun ajaran baru ini.

Sebelum membuka ekskul robotik, pihak sekolahan sudah mengumpulkan 141 wali murid baru tahun ajaran 2018/2019. Mengikuti sosialisasi tentang ekskul baru tersebut di aula sekolah setempat, Jumat (13/7).

Salah seorang anggota tim Robota, Febrina menjelaskan, dalam ekskul tersebut ada dua materi yang dipelajari. Yakni kelas juara, khusus mempelajari robot kompetisi secara mendalam. Serta kelas inventor, untuk mempersiapkan siswa menjadi seorang inovator melalui proses membuat berbagai jenis alat aplikasi berteknologi automasi. Alat ini harus berguna untuk kehidupan sehari-hari.

”Dalam kelas juara, kami akan bimbing anak untuk mengikuti kompetisi robot. Baik kompetisi regional, nasional, dan internasional. Kedua kelas tersebut sama-sama mempelajari tentang teknologi masa depan, robotika, dan automasi,” terang Febriana kepada Jawa Pos Radar Solo.

Febrina menambahkan, kegiatan ekskul robotik akan berjalan selama setahun. Kegiatannya wajib diikuti secara konsisten dan penuh. Agar manfaat mempelajari robot dapat dirasakan maksimal.

Sementaar itu Humas SD Muhammadiyah 1 Solo, Jatmiko mengatakan, manfaat belajar robotik bagi siswa cukup banyak. Yakni membentuk siswa menjadi pribadi kreatif di bidang teknologi. Terutama teknologi robotika. Tak hanya itu, ekskul tersebut juga mempersiapkan para siswa berprestasi di berbagai ajang perlombaan, khususnya robotika.

”Ada banyak manfaat dari mengikuti dan aktif di ekskul ini. Mereka akan mengenal kelebihan dan kekurangan, meningkatkan percaya diri, berlatih bertanggung jawab, dan belajar bersosialisasi. Sosialisasi bagi wali murid bertujuan untuk mengarahkan dan memetakan potensi siswa di Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK,” papar Jatmiko. (aya/fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here