Pemkab Karanganyar Tanam Saham di Eks PG Colomadu

Pemkab Karanganyar Tanam Saham di Eks PG Colomadu

0
Kunjungan Menteri BUMN, Rini Soemarno saat peletakan batu pertama revitalisasi eks Pabrik Gula Colomadu, baru-baru ini. DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO

KARANGANYAR – Pembangunan pendayagunaan revitalisasi terhadap pembangunan Eks Pabrik Gula (PG) Colomadu, tak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Meski pengelolaannya dilakukan pihak konsorsium dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pemkab diketahui memiliki lahan seluas 3 hektare di kawasan tersebut. Rencananya lahan itu bakal menjadi saham untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Lahan seluas 3 hektare ini nantinya akan diikutsertakan dalam pembangunan revitalisasi. ”Nanti kita akan bagi hasil dengan konsorsium sebagai pengelola. Bagaimana itu nanti pembangian hasilnya, nanti akan kita bahas bersama,” kata Juliyatmono kepada Radar Karanganyar.

Lahan tersebut hanya digunakan untuk pembibitan sejumlah jenis tanaman. Rencananya,  setelah pengelolaan nanti, pemkab bakal mengusulkan ke konsorsium. Untuk bisa menampung semua industri-industri importer yang ada di Karanganyar.

”Kita nanti akan mengususkan, pengusaha atau pengrajin UMKM yang ada di Karanganyar untuk bisa masuk. Terutama mereka yang bergerak di bidang importer barang, untuk dapat meramaikan eks PG Colomadu itu,” papar Juliyatmono.

Sebelumnya, Direktur Utama PT PP (Persero) yang mengkoordinasi proses konsorsium BUMN terhadap pembangunan revitalisasi PG Colomadu, Tumiyana mengungkapkan, proses revitalisasi bakal dilakukan secara bertahap. Tetap mempertahankan bangunan utama dan instrumen penting di pabrik gula tersebut.