Panitia Targetkan 700 Ribu Pendaftar SBMPTN

Panitia Targetkan 700 Ribu Pendaftar SBMPTN

0
ILUSTRASI/Jawapos.com

SOLO – Panitia pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menargetkan 700 ribu pendaftar. Tahun ini, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo resmi masuk daftar perguruan tinggi negeri (PTN) peserta SBMPTN.

Tak hanya ISI Solo, namun semua ISI dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) di seluruh Indonesia tercatat dalam 85 PTN peserta SBMPTN. “Panitia lokal (panlok) masih sama seperti tahun lalu. Sebanyak 42 panlok, termasuk di Solo. Panloknya hanya ada satu di Solo, meskipun ada tambahan ISI Solo,” ujar Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi.

Dengan tambahan jumlah PTN tersebut, tahun ini Ravik memasang target pendaftar sebanyak 700 ribu peserta. Pendaftaran dilakukan secara online mulai 11 April-5 Mei. SBMPTN diutamakan bagi pendaftar lulusan SMA pada 2015 dan 2016 yang belum tertampung atau belum diterima di ujian seleksi.

“Termasuk mereka lulusan Paket C, setara dengan SMA dan SMK. Karena banyaknya pendaftar, maka lebih baik mendaftar di awal waktu. Ini agar tidak terjadi penumpukan saat login atau peak season. Akibatnya nanti akan sulit login,” ujar Ravik.