Museum Keris Minim Lahan Parkir

Museum Keris Minim Lahan Parkir

0

SOLO – Kemegahan Museum Keris tak diimbangi dengan ketersediaan area parkir kendaraan yang memadai. Hanya tersedia lahan parkir di basement dan halaman belakang museum dengan kapasitas kendaraan yang sangat terbatas.

Wakil Ketua DPRD Surakarta Umar Hasyim mengatakan, dari sisi lokasi, keberadaan Museum Keris di kawasan Sriwedari itu sangat strategis. Selain berada di tengah kota, aksesnya pun mudah dijangkau. Sayangnya, lahan parkir sangat terbatas. Bisa saja kendaraan diparkir di area terbuka belakang museum. Namun, pada akhir pekan, kawasan itu sudah digunakan sebagai bursa mobil.

”Kalau hari biasa saya rasa masih bisa menampung kalau ada kunjungan museum menggunakan bus. Tapi kalau pada Minggu, kawasan Sriwedari ini kan sangat padat dengan kegiatan bursa mobil,” ucap Umar kepada wartawan kemarin (12/4).

Memang saat ini pengelola belum bisa memprediksi rata-rata jumlah pengunjung museum. Namun, museum keris pertama di Indonesia itu digadang-gadang menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Solo. Otomatis diperlukan fasilitas mamadai untuk para wisatawan yang berkunjung, termasuk ketersediaan lahan parkir.