Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia asal Sragen Masuk Rumah Sakit

Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia asal Sragen Masuk Rumah Sakit

0
Mbah Ghoto yang disebut telah berusia 146 tahun dirawat di RSUD Sragen kemarin, karena nafsu makannya telah turun. AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SRAGEN

SRAGEN – Mbah Gotho atau Suparman Sodimejo yang dianggap manusia tertua di dunia, dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dr Soehadi Prijonegoro Sragen, kemarin. Pasalnya, manusia yang diperkirakan sudah berusia 146 tahun tersebut mengalami penurunan nafsu makan.

Mbah Gotho sempat dirawat di Puskesmas Sambungmacan. Namun, akhirnya dirujuk ke RSUD Sragen untuk penanganan yang lebih intensif.

 “Mbah Gotho dirujuk ke RSUD dari Puskesmas Sambungmacan sekitar pukul 9.40. Sebelumnya sudah diperiksa dan diobservasi oleh tim dokter puskesmas,” ujar Camat Sambungmacan Joko Suratno  usai melihat kondisi Mbah Gotho.

Salah satu cucu yang merawat Mbah Gotho, Suwarni mengatakan, sudah tiga hari terakhir Mbah Gotho tidak mau makan. Dalam kondisi lemah, kakek ini dirawat di ruang tindakan sebelum pindah di Bangsal Wijayakusuma.

”Sebenarnya tidak apa-apa. Kondisinya baik hanya tidak mau makan. Dari dokter diberi susu bernutrisi agar ada asupan,” terangnya.