Kreativitas Sri Rahayu Membuat Miniatur Figur SBC

Kreativitas Sri Rahayu Membuat Miniatur Figur SBC

0
Yayuk merangkai potongan kain batik menjadi miniatur kostum SBC di rumahnya kemarin. ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO

SOLO – Yang tua, yang tak berhenti berkarya. Hasilnya, bisa menambah pendapatan keluarga. Cukup menggunakan bahan-bahan sisa, bisa menciptakan kerajinan luar biasa. Sekaligus menginspirasi ibu-ibu lainnya.

Usianya hampir kepala enam. Tapi Sri Rahayu enggan hanya menimang cucu. Dari tangan perempuan yang akrab disapa Yayuk ini, sisa potongan kain batik untuk kostum Solo Batik Carnival (SBC) menjadi karya seni bernilai tinggi.

“Suami saya sering dapat tender  membuat kostum SBC. Terus bahannya banyak yang terbuang. Terutama potongan-potongan kain batik. Kan eman-eman. Terus saya berpikir, daripada dibuang, bisa tidak dimanfaatkan,” urainya ditemui di rumahnya Jalan Srigunting VI No. 14 RT 02 RW 11, Kampung Gremet, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari.

Di sela aktivitasnya membersihkan rumah, Yayuk membuat pola mini kostum SBC dari kardus bekas makanan ringan. Setelah dipotong-potong, pola tersebut ditempeli sisa kain batik.

Gayung bersambut, ketika menata perabotan rumah tangga, dia menemukan boneka berukuran sekitar segenggaman kepalan tangan orang dewasa milik cucunya yang tidak terpakai. Boneka plastik itu kemudian dibuatkan baju.