Karyawan Pasar Klewer Wajib Didaftarkan BPJS

Karyawan Pasar Klewer Wajib Didaftarkan BPJS

0
Bangunan baru Pasar Klewer siap ditempati pedagang dan karyawannya. DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO

SOLO – Masuknya pedagang ke bangunan Pasar Klewer baru menjadi momentum bagi mereka untuk lebih tertib terhadap aturan dan program pemerintah. Selain diwajibkan memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP), pedagang didorong untuk ikut program Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surakarta Suwilwan Rachmat meminta para pedagang Pasar Klewer sudah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan per Mei tahun ini. Tak hanya bagi pemilik kios, melainkan seluruh karyawan diharapkan juga sudah ter-cover BPJS Ketenagakerjaan.

”Seluruh pekerja di kios wajib segera mengikuti program kami. Namun melihat kondisi penataan kios yang belum selesai, kami akan lakukan pendaftaran secara bertahap. Setidaknya, pemilik dengan satu atau dua pegawainya didaftarkan terlebih dahulu,” ujar Suwilwan saat ditemui Jawa Pos Radar Solo di kantornya kemarin (12/4).

Kewajiban pemberi kerja, termasuk pengusaha atau pedagang untuk mengikutkan karyawan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan telah diatur dalam PP Nomoer 44 Tahun 2015. Secara teknis proses pendaftarannya sama seperti umumnya karena hak perlindungan yang diberikan juga sama.

Diterangkan Suwilwan, sesuai Perpres Nomor 109 Tahun 2013, sektor usaha skala mikro minimum mengikuti dua program, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Untuk sektor usaha kecil diwajibkan tiga program, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua. Kemudian, untuk skala usaha besar harus ikut empat program, yaitu kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua.