Gaet Pemilih, KPUD Wonogiri Launching Lorong Demokrasi

Gaet Pemilih, KPUD Wonogiri Launching Lorong Demokrasi

0
Seorang pengunjung membaca buku di ruang Lorong Demokrasi di KPUD Wonogiri, kemarin.

WONOGIRI – Terobosan dilakukan KPUD Wonogiri untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pemilu. Salah satunya dengan membuat Lorong Demokrasi berisi informasi tentang pemilu. Tujuannya menjadi tempat pendidikan demokrasi bagi masyarakat.

“Lorong Demokrasi terdiri dari empat ruangan, yakni ruang display, audio visual, ruang simulasi, dan ruang baca,” kata Ketua KPUD Wonogiri Mat Nawir dalam peresmian lorong demokrasi tersebut di Kantor KPUD Wonogiri, Rabu kemarin (12/4).

Mat Nawir menyebut bahwa Lorong Demokrasi merupakan miniatur penyelenggaraan pemilu yang menyajikan info secara komprehensif untuk menjadikan pemilih menjadi lebih cerdas.

Di tempat yang sama, Bupati Wonogiri Joko Sutopo (Jekek) menyambut baik upaya KPUD Wonogiri untuk mendirikan rumah pintar untuk memberikan pendidikan bagi para pemilih serta edukasi bagi masyarakat makna demokrasi melalui mekanisme pemilihan umum. Dengan terobosan ini, KPUD tidak lagi sekadar penyelenggara pemilu, tetapi harus ikut memberikan pendidikan berdemokrasi yang baik.

“Pendidikan pemilu terlebih bagi pemilih pemula yang tiap tahun selalu bertambah. Dengan jumlah penduduk lebih dari satu juta jiwa dan jumlah pemilih lebih dari 900 ribu, proses pendidikan terhadap pemilih adalah tugas yang cukup berat, karena mencakup 25 kecamatan dan 294 desa/kelurahan,” kata Jekek.