Cegah Mesum, Benteng Vastenburg Diawasi 2 Jam Sekali

Cegah Mesum, Benteng Vastenburg Diawasi 2 Jam Sekali

0
Benteng Vastenburg yang penuh sejarah justru digunakan untuk tempat mesum saat malam hari. DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO

SOLO – Kawasan Benteng Vastenburg yang remang-remang saat malam hari disalahgunakan untuk berbuat mesum pengunjung yang tak bertanggung jawab. Pengawasan Satpol PP Surakarta melalui anggota perlindungan masyarakat (linmas) belum optimal lantaran kekurangan personel.

Sekretaris Satpol PP Lancer Naibaho mengatakan, masih ada pengunjung nakal yang menggunakan kawasan Benteng Vastenburg untuk praktik mesum. Maka dari itu pihaknya mengoptimalkan pengawasan di sekitar benteng melalui anggota linmas. Namun karena kondisi dan jumlah linmas terbatas, pengawasan tidak bisa dilakukan secara total 24 jam.

”Biasanya kami lakukan patroli dua jam sekali. Pantauan juga kami lakukan hingga pukul 03.00 dini hari. Ini untuk mengantisipasi tindakan-tindakan tidak terpuji yang dilakukan di kawasan itu,” ucap Lancer kepada wartawan kemarin (12/4).

Hingga saat ini Satpol PP belum pernah melakukan penindakan kepada muda-mudi yang berbuat tak senonoh. Sebab, belum ada payung hukum berupa perda sebagai acuan melakukan penindakan. Biasanya anggota linmas hanya memperingatkan dan memberi pengarahan kepada pasangan nakal. Pengarahan juga diberikan kepada pengunjung yang diketahui melakukan kegiatan hingga 24 jam di kawasan itu.