Penataan PKL WGM Dimulai, Pemkab Gelontor Rp 3 Miliar

Penataan PKL WGM Dimulai, Pemkab Gelontor Rp 3 Miliar

0
PKL di kawasan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur bakal ditata lebih baik.

WONOGIRI – Langkah Pemkab Wonogiri menjadikan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) menjadi tempat destinasi wisata andalan daerah dilakukan dengan menata para pedagang kaki lima (PKL). Alokasi anggaran yang digelontorkan untuk membuat zonasi mencapai Rp 3 miliar dan saat ini sudah masuk tahap lelang.

Selama ini PKL di OW WGM tidak teratur penempatannya. Akibatnya, kawasan wisata itu terlihat tidak menarik. Sejak pertengahan 2016 lalu, pemkab mulai menata PKL di objek wisata ini dengan langkah-langkah sosialisasi dan musyawarah bersama melibatkan para PKL. Hingga saat ini, proses tersebut telah sampai pada puncaknya yakni realisasi penataan PKL.

“Saat ini desain sudah jadi, anggaran juga sudah masuk tahap lelang untuk pembangunan,” kata Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Wonogiri Fredy Sasono, Selasa (11/4) melalui sambungan teleponnya.

Menurut Fredy, pemkab menganggarkan Rp 3 miliar untuk menata PKL di OW WGM itu. Paling cepat, pekan depan sudah akan bisa dilihat pemenang tender proyek itu.  “Bangunannya nanti ada 78 pedagang, dua selter untuk rest area, tiga buah pergola dan toilet,” terang Fredy.

Menurut Fredy, konsep yang ditawarkan yakni selter yang dibangun hanya akan digunakan untuk meracik dan menyiapkan makanan saja. Kemudian, para pembeli makanan atau pengunjung diberikan tempat tersendiri dengan model lesehan. “Nantinya pengunjung bisa membeli makanan dan bisa memilih tempat duduk sendiri,” ujarnya.