Pembagian Rastra Dikebut Dua Kali Sebulan

Pembagian Rastra Dikebut Dua Kali Sebulan

0
Sejumlah warga yang masuk dalam KPM menerima rastra di Desa Krecek, Kecamatan Delanggu. ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN

KLATEN – Penyaluran beras untuk keluarga sejahtera (Rastra) perdana telah dilangsungkan di kantor Kepala Desa Krecek, Kecamatan Delanggu. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) rastra yang dibagikan di Kabupaten Klaten pada 2017 ini sebanyak 109.240 KPM dengan total beras mencapai 19.663.200 kilogram. Meski terjadi keterlambatan penyaluran tapi tetap dilakukan dua kali dalam sebulan, terutama pada April, Mei dan Juni 2017.

“Untuk alokasi Januari 2017 diberikan mulai hari ini hingga 13 April 2017. Sedangkan alokasi pada Februari 2017 mulai 25 April 2017 di gudang Bulog Karanganom dan gudang Bulog Meger. Meski terjadi keterlambatan tetap dibagikan sebanyak 12 kali, karena itu pada April hingga Juni ini disalurkan sebanyak dua kali. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Ramadan,” papar Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian  Setda Klaten, Cahyo Dwi Setyanta, seusai acara penyaluran rastra perdana di kantor Desa Krecek, Kecamatan Delanggu, Selasa (11/4).

Dijelaskan Cahyo, penyaluran rastra tersebut dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian pangan beras. Diharapkan berkurangnya beban pengeluaran KPM dalam mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi dengan alokasi sebanyak 15 kilogram per KPM per bulan.