Hama Wereng Serang Empat Kecamatan di Klaten

Hama Wereng Serang Empat Kecamatan di Klaten

0
ILUSTRASI

KLATEN – Populasi hama wereng mulai mengkhawatirkan petani dan telah meluas di sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Klaten terdapat 15 hektare tanaman padi yang terserang hama wereng. Terdapat empat kecamatan yang sudah terserang yakni Kecamatan Juwiring, Cawas, Pedan dan Wonosari.

“Intinya memang sudah ada perkembangbiakan dari bertelur sehingga perlu diwaspadai meskipun ada serangan hebat. Sudah sebulan terakhir ini mulai munculnya hama wereng di empat kecamatan. Tapi belum mengarah ke Delanggu,” papar Sekretaris KTNA Klaten Atok Susanto saat ditemui dikediamannya, Selasa (4/11).

Dijelaskan Atok, serangan hama wereng merupakan migrasi dari wilayah Jawa Timur yang telebih dulu mendapatkan serangan tersebut. Pihaknya mewanti-wanti kepada petani untuk sigap dalam menghadapi serangan hama ini. Menurutnya, serangan hama wereng memiliki dampak yang signifikan.

Pascaserangan hama itu menimbulkan virus yang berasal dari pergantian kulit dari hama wereng. Wereng juga menjadi lebih kebal terhadap semprotan pestisida sehingga perkembangannya terus terjadi. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan dalam menekan perkembangan wereng yaitu dengan cara menyemprotkan secara serentak.