Pulau Sedimen di Dam Colo Bakal Dikeruk

Pulau Sedimen di Dam Colo Bakal Dikeruk

0
Pulau Sedimen di aliran Dam Colo Timur ini akan dikepras agar aliran air menjadi lebih lancar. RYANTONO P.S./RADAR SUKOHARJO

SUKOHARJO – Sedimentasi yang membentuk pulau di wilayah aliran air Dam Colo Timur, Kecamatan Nguter bakal dikeruk dalam waktu dekat ini. Sebab, sedimen tersebut berpengaruh pada daya tampung air. Rencananya pengerukan dilakukan pada Mei – Juni nanti.

Kasubdiv IV Jasa Asa III/2 Achmad Syuhairus Syam mengatakan, keberadaan pulau sedimen di aliran Dam Colo Timur sudah sejak lama. Bahkan, warga memanfaatkannya untuk kegiatan bercocok tanam. ”Digunakan warga Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri,” papar dia.

Penggunaan oleh warga ini tidak ada perjanjian khusus dengan pengelola. Pihak pengelola Dam Colo Timur tidak melarang dan tidak memberikan izin. Mereka dipersilakan menggunakan pulau sedimen dengan catatan tak menuntut kompensasi bila pulau tersebut dikeruk. Sebab, pulau itu bagian dari Dam Colo Timur.

Berkaitan dengan pengerukan ini, pihaknya tidak lepas tangan dengan warga yang menggunakan lahan di pulau sedimen. Dia mengaku sudah meminta data dari Desa Sendangijo, Selogiri, Wonogiri berkaitan siapa saja yang bertani di pulau sedimen. ”Kami akan melakukan sosialisasi dan mulai pengerukan,” papar dia.