Cara Siswa SMAN 1 Klaten Menjaga Integritas Ujian Nasional

Cara Siswa SMAN 1 Klaten Menjaga Integritas Ujian Nasional

0
Sejumlah murid SMAN 1 Klaten tampak menggunakan pita berwarna biru, kemarin.

KLATEN – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di tingkat SMA sudah dimulai kemarin hingga tiga hari ke depan. Menandai ini, SMA N 1 Klaten pada hari pertama ujian kemarin, serentak mengenakan pita biru di bagian dada sebelah kanan. Lantas makna apa yang terkandung di dalamnya?

Sejumlah siswa SMA N 1 Klaten tampak keluar dari laboratorium komputer dengan wajah berseri-seri. Mereka lega setelah berhasil menyelesaikan ujian di hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia selama 120 menit. Meski begitu, tampak berbeda dari setiap siswa yang keluar dari ruang laboratorium komputer, yakni mengenakan pita berwarna biru di bagian dada kirinya.

Seluruh siswa tampak kompak mengenakan pita berwarna biru tak terkecuali Noumi Campbel, 18. Mengenakan hijab berwarna putih Noumi tampak percaya diri mengenakan pita tersebut. Menurutnya, ada sebuah makna yang begitu mendalam dari simbol pita biru tersebut.

Noumi menegaskan, jika pita biru itu sebuah komitmen SMA N 1 Klaten untuk bersikap jujur selama pelaksanaan UNBK berlangsung. Meski masih ada kesempatan untuk curang selama pelaksanaan ujian, tetapi Noumi lebih memilih untuk mengerjakan secara mandiri.