Bangun Kampung Susun, Pemkot Pindahkan 1.459 Kerangka Jenazah

Bangun Kampung Susun, Pemkot Pindahkan 1.459 Kerangka Jenazah

0
TPU Purwoloyo yang akan dijadikan lokasi pembangunan kampung susun.

SOLO – Pemkot menyiapkan lima tempat pemakaman umum (TPU) guna memindahkan 1.459 kerangka di TPU Purwoloyo yang akan digunakan sebagai kampung susun. Hingga kini proses komunikasi dengan ahli waris masih terus dilakukan. Ditargetkan akhir tahun ini seluruh kerangka sudah dipindah.

Kepala bidang (Kabid) Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Moeh Yani menjelaskan, rencananya, luas lahan yang digunakan untuk kampung susun sekitar 10.000 meter persegi. Melihat kondisi di lapangan, pemkot memilih lahan di sisi paling timur TPU Purwoloyo.

“Di sana (TPU Purwoloyo,Red) sudah kita pasang tali rafia untuk penanda lahan yang akan digunakan. Kami masih terus melakukan pendataan, untuk sementara ada 1.459 kerangka yang harus dipindahkan. Akan kita pindahkan di sisi barat dan selatan. Kalau ada ahli waris yang menginginkan ke makam lain, pemkot siap memfasilitasi,” beber Yani.

TPU lain itu antara lain Danyung, Bonoloyo, Untoro loyo, Purwoloyo dan makam Praci. Kelimanya adalah makam yang dikelola pemkot. Jika ahli waris menginginkan kerangka dipindah ke salah satu makam tersebut,  maka seluruh biaya ditanggung pemkot. “Kalau keluar kota ya biaya sendiri,” ujarnya.