2 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terjaring E-Tilang

2 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Terjaring E-Tilang

0
Masyarakat terjaring razia karena tidak membawa surat-surat kendaraan lengkap. RYANTONO P.S./RADAR SUKOHARJO

SUKOHARJO – Sejak diberlakukannya elektronik tilang (e-tilang) awal Maret lalu, Polres Sukoharjo berhasil menjaring 2.334 pelanggar lalu lintas. Semuanya, harus mengikuti metode baru pembayaran tilang.

Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano melalui Kasat Lantas AKP Finan Sukma Radipta mengatakan, e-tilang adalah aplikasi mobile yang berfungsi untuk membayar denda tilang secara daring. Dengan sistem e-tilang, akan menghindari kemungkinan adanya pungli berupa kesepakatan antara oknum polisi dengan pelanggar lalu lintas untuk menghindari tilang dengan memberikan sejumlah uang kepada petugas.

Pihaknya sampai saat ini berhasil menjaring 2334 pelanggar lalu lintas. Semuanya sudah ditindak melalui program baru e-tilang ini. Penindakan pelanggaran lalu lintas dengan e-tilang ini merupakan pesan kepada masyarakat sebagai edukasi dan pembelajaran dalam membangun budaya tertib berlalu lintas di jaman modern,” kata AKP Finan, kemarin (10/4).

E-tilang ke depanya akan terkoneksi dengan server SIM online dan e-samsat, sehingga pelanggar tidak dapat melakukan perpanjangan sebelum menyelesaikan kewajibannya dalam perkara tilang.