Susun RKPD 2018, Pemkab Klaten Prioritaskan Pendidikan

Susun RKPD 2018, Pemkab Klaten Prioritaskan Pendidikan

0
Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho. ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2018. Sedikitnya terdapat delapan aspek yang jadi prioritas pembangunan pemkab tahun depan. Kedelapan aspek tersebut meliputi pendidikan dan kesehatan, pelayanan publik dan reformasi birokrasi, kemiskinan dan pengangguran, lingkungan hidup dan bencana, infrastruktur, ketahanan pangan dan energi, perlindungan anak dan pengendalian penduduk serta pengembangan ekonomi dan pariwisata lokal.

“Ada delapan aspek yang menjadi prioritas. Terutama pemenuhan urusan wajib layanan dasar pendidikan dan kesehatan. Tahun 2018-2019 adalah pemantapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Sedangkan periode 2016-2021 untuk mewujudkan Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing,” papar Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, Minggu (9/4).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Klaten, untuk bidang pendidikan dan kesehatan pemkab mengupayakan pemenuhan sarana prasarana dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam APBD 2017 untuk bidang pendidikan mendapatkan anggaran yang paling besar yakni Rp 936 miliar (termasuk belanja pegawai Rp 901 miliar). Anggaran untuk pendidikan memakan 36,13 persen dari total belanja daerah pada 2017 sebesar Rp 2,5 triliun. Sedangkan anggaran bidang kesehatan Rp 245 miliar (termasuk belanja pegawai Rp 101 miliar).