Seni Memancing Ikan Tawar dengan Cara Menembak Berpeluru Jeruji

Seni Memancing Ikan Tawar dengan Cara Menembak Berpeluru Jeruji

0
Tarno sedang membidik ikan tawar buruannya di atas sebuah pohon. ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN

KLATEN – Memancing ikan tawar dengan menggunakan joran atau stik pancing sudah jadi hal biasa. Tapi bagaimana jika memancing dengan menggunakan senapan angin berpeluru jeruji sepeda onthel. Aksi unik ini bisa disaksikan di Desa Katekan, Kecamatan Gantiwarno setiap hari.

Curah hujan tinggi membuat sebagian lahan pertanian yang berada di Desa Katekan Kecamatan Gantiwarno tergenang air. Menariknya, didalamnya bisa dijumpai berbagai jenis ikan air tawar, seperti ikan gabus, ikan nila hingga ikan lele. Keberadaan ikan ini lantas diburu warga sekitar untuk dipancing bersama-sama.

Uniknya alat pancing yang digunakan warga itu bukanlah joran atau stik pancing pada umumnya. Melainkan sebuah senapan angin yang didalamnya terdapat peluru berupa jeruji sepanjang 15 sentimeter yang sudah diikat dengan sebuah senar. Memancingnya dengan cara membidik ikan tawar ketika berada di permukaan lalu ditembakan.

Cara itu sudah ditekuni Tarno, 47, warga Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno sejak puluhan tahun. Dialah orang pertama yang mempopulerkan memancing ikan dengan menggunakan senapan berpeluru jeruji di kalangan warga setempat. Menurutnya, memancing dengan cara seperti itu punya sensasi yang berbeda daripada menggunakan joran.