Sawah Lestari di Klaten Ditarget 30 Hektare

Sawah Lestari di Klaten Ditarget 30 Hektare

0
Petani menanam padi di Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan. ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN

KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah menetapkan seluas 30 hektare lahan pertanian sebagai sawah lestari. Artinya, lahan tersebut hanya diperbolehkan dimanfaatkan untuk pertanian khususnya tanaman padi.

“Saat ini total luas lahan pertanian di Klaten sekitar 33 ribu hektare. Dengan adanya penetapan luas sawah lestari, praktis lahan pertanian yang dapat dialihfungsikan hanya sekitar 3 ribu hektare saja. Silakan bisa dimanfaatkan untuk industri maupun perumahan,” papar Kepala Badan Penelitian Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, Selasa (4/4).

Penetapan lahan sawah lestari sudah diperkuat dengan peraturan aerah (Perda) Nomor 12/2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2011-2031. Adapun ploting lahan sawah lestari sudah disampaikan kepada masing-masing pemerintah desa.

Dijelaskan Bambang jika lahan yang ditetapkan sebagai sawah lestari telah menyebar di 25 kecamatan kecuali wilayah Kecamatan Kemalang. Meski begitu, lahan sawah lestari paling luas berada di wilayah timur Kabupaten Klaten, lantaran merupakan daerah lumbung padi terutama di Kecamatan Delanggu.