PT KAI Hentikan Pembelian, 10 Ribu Blok Rem Mangkrak

PT KAI Hentikan Pembelian, 10 Ribu Blok Rem Mangkrak

0
Pengerjaan blok rem metalik di Koperasi Batur Jaya Ceper yang semula untuk memenuhi permintaan dari PT KAI. ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN

KLATEN – Sedikitnya 10 ribu blok rem metalik senilai Rp 10 miliar produksi Koperasi Batur Jaya Ceper terpaksa hanya menumpuk. Hal itu disebabkan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sudah tak lagi membeli blok rem tersebut sejak Desember 2016 lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klaten, Sinung Nugroho mengatakan, keputusan untuk tidak membeli lagi blok rem tersebut merupakan keputusan sepihak dari PT KAI.

“PT KAI saat ini lebih memilih blok rem komposit yang berasal dari Tiongkok dan Australia karena dinilai lebih berkualitas dan tahan lama. Menurut mereka jika menggunakan blok rem metalik membuat roda kereta api cepat aus dan memercikkan api. Karena itu PT KAI beralih ke blok rem komposit  karena dianggap lebih menguntungkan,” papar Sinung saat ditemui Jawa Pos Radar Klaten di Koperasi Batur Jaya Ceper, beberapa waktu lalu.

Kondisi ini sebenarnya berlawanan dengan imbauan dari Menteri Perindusterian (Menperin) Airlangga Hartarto saat mengunjungi Koperasi Batur Jaya Ceper. Saat itu pihaknya mengimbau jika Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT KAI tetap mempercayakan blok rem produksi dari Industri Kecil Menengah (IKM) di Tanah Air. Hal itu sebagai upaya agar IKM dalam negeri terus menggeliat.