Pemkot Siap Tukar Guling Lahan Rutan

Pemkot Siap Tukar Guling Lahan Rutan

0
Para narapidana mengikuti lomba 17-an di Rutan Kelas IA beberapa waktu lalu. ISWARA BAGUS NOVIANTO/RADAR SOLO

SOLO – Rencana relokasi rumah tahanan (Rutan) Kelas IA Surakarta yang telah overload nampaknya masih sulit terealisasi. Sebab hingga kini belum juga ditemukan lokasi yang pas guna pemindahan rutan tersebut.

Salah satu syaratnya, seperti yang dipesankan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) adalah lokasi dengan lahan yang cukup luas. ”Kalau di Kota Solo sudah tidak ada wilayah luas seperti yang diharapkan Menkum HAM. Mau tidak mau nantinya rutan harus keluar dari wilayah Solo,” tutur Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Ia mengakui saat ini kondisi rutan yang berada di Jalan Slamet Riyadi itu sudah sangat sesak alias overload. Idealnya, segera ada pemindahan rutan. Dikatakan Rudy, pemkot juga siap tukar guling apabila pihak rutan memiliki rencana untuk menjual gedung tersebut.

“Itu kan (gedung rutan,Red) salah satu BCB (Benda Cagar Budaya,Red). Ya kalau boleh dimanfaatkan pemkot, mungkin nanti bisa untuk opera house, kegiatan budaya dan seni. Apalagi lokasinya strategis,” ungkap Rudy.