Kenangan Indah Masa Kecil para Sentana Keraton Kasunanan Surakarta

Kenangan Indah Masa Kecil para Sentana Keraton Kasunanan Surakarta

0
REPRO: SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO

SOLO – Lupakan sejenak tarik ulur kepentingan antara sentana dalem Keraton Kasunanan Surakarta. Sebab, ketika kanak-kanak hingga remaja, putra putri Paku Buwono XII itu memiliki kenangan indahnya kebersamaan yang masih diingat hingga sekarang.

Layaknya anak raja, mereka hidup berkecukupan. Tapi, kebahagiaan para sentana dalem itu tidak selalu diukur dari materi. Mereka tetap bisa bersukacita dengan cara sederhana. Piknik.

Berwisata menjadi agenda rutin keluarga besar PB XII. Dari anak, cucu, dan kerabat lainnya berkumpul bersama menikmati keindahan alam di berbagai tempat. Kerukunan seluruh keluarga bukan hanya dirasakan di tempat piknik. Keseharian, mereka juga kompak. Saling membantu dan menjaga.

“Sewaktu SMA, putra putri dalem (PB XII) selalu berangkat bersama. Saya yang jadi sopirnya, mengantar adik-adik sebelum saya berangkat sekolah,” ujar salah seorang putra PB XII, GPH Puger.

Untuk mengantar sekolah adik-adiknya, Puger membawa mobil Colt yang cukup berkelas di 1970. Setiap pagi, dia rutin menuju SMEA Saraswati, SMA Ursulin, SMAN 4 Surakarta, dan sekolah lainnya. Ketika pulang, Puger kembali menjemput. Itu karena dia mendapat mandat dari sang ayah menjaga seluruh adik-adiknya. “Sejak kecil selalu ditanamkan agar selalu rukun. Baik dengan saudara maupun orang lain,” jelas dia.