Jembatan Barong Diklaim Terpanjang di Eks Karesidenan Surakarta

Jembatan Barong Diklaim Terpanjang di Eks Karesidenan Surakarta

0
Jembatan Barong, nantinya akan mempermudah peziarah menuju Gunung Kemukus. AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SRAGEN

SRAGEN – Jembatan Barong rencananya akan diresmikan pada 24 Mei mendatang, dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Sragen. Jembatan tersebut akan mempermudah akses wisata ziarah ke makam pangeran Samudro di kawasan Gunung Kemukus.

Kedepan jembatan ini akan disebut dengan Jembatan Samudro. Panjang jembatan mencapai 500 meter dan menghubungkan dua desa yakni Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang dan Desa Soko, Kecamatan Miri.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati belum lama ini menjelaskan jembatan dengan panjang hampir mencapai 500 meter tersebut diklaim sebagai jembatan terpanjang di eks Karesidenan Surakarta. Dengan diresmikannya Jembatan Samudro, nantinya masyarakat Kabupaten Sragen dan sekitarnya yang akan melakukan ziarah ke makam Pangeran Samudro dapat ditempuh dengan lebih mudah, cepat, dan hemat biaya. ”Jika sebelumnya masyarakat menggunakan perahu untuk menyeberang, kini tak lagi dan akses lebih mudah,” ujar bupati, kemarin.

Karena itu, bupati meminta agar masyarakat Kabupaten Sragen dan sekitarnya yang akan melakukan ziarah ke makam Pangeran Samudro, dapat melaksanakan ziarah, dalam arti yang sebenarnya. Tanpa diembel-embeli dengan hal dan kegiatan yang negatif.