Hama Wereng Ganggu Hasil Panen Petani

Hama Wereng Ganggu Hasil Panen Petani

0
Dok. ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO

SUKOHARJO – Serangan hama wereng masih mengancam petani Sukoharjo. Bahkan, akibat serangan ini panen petani menjadi berkurang. Para petani juga harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli obat membasmi wereng.

Petani wilayah Gatak Tamso, 34, mengatakan, tanaman padinya beberapa waktu yang lalu diserang hama wereng. Walaupun tidak begitu banyak namun cukup mengganggu pertumbuhan padi. Akibatnya dia harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli obat pembasmi wereng. ”Harus membeli obat untuk membasmi wereng ini,” katanya.

Dia menuturkan, pada masa tanam (MT) I beberapa waktu yang lalu produksi panennya berkurang lantaran serangan hama wereng ini. Tamso tidak mau memberitahukan berapa jumlah panenannya yang berkurang tersebut.

Agar kejadian panenan berkurang tak terulang. Pada masa tanam II ini dia terus melakukan pengawasan pada padinya. ”Intinya berkurang, walau tidak banyak tetap mengganggu. Ini saya terus awasi panenanya,” papar Tamso.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, menuturkan, serangan hama wereng dan tikus masih terjadi karena beberapa faktor, salah satunya disebabkan petani tidak melakukan pola tanam padi serempak. Hal itu berimbas dengan masih adanya ketersediaan pangan bagi hama untuk menyerang.