320 Anggota SAR Tiga Kecamatan di Karanganyar Dilantik

320 Anggota SAR Tiga Kecamatan di Karanganyar Dilantik

0
SERAH TERIMA: Komandan SAR Karanganyar Prihanto menyerahkan papan nama posko Kecamatan Jumantono, (7/4). RUDI HARTONO/RADAR KARANGANYAR

KARANGANYAR – Komandan SAR Karanganyar, Prihanto melangkah cepat usai dikukuhkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono pada Februari 2017 lalu. Belum genap 100 hari dilantik, SAR Karanganyar telah merekrut dan mengukuhkan sekitar 320 anggota baru.

”Kami harus bergerak cepat. Sebab potensi kerawanan bisa setiap saat muncul. Khususnya untuk menangani bencana alam dan kejadian luar biasa di Karanganyar,” tegas Prihanto saat dijumpai Radar Karanganyar di Kantor Kecamatan Jumapolo (7/4).

Kendati jumlah relawan terlatih sudah banyak, namun harus terus ditambah. Sebab peristiwa besar semacam tanah longsor dan banjir bandang butuh penanganan cepat, serta relawan dalam jumlah banyak. Tak heran, SAR Karanganyar dalam waktu relatif singkat sudah mengukuhkan pengurus dan anggota di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Jatiyoso, Jumapolo, dan Jumantono. Di tiga kecamatan tersebut sudah tercatat sebanyak 320 anggota SAR.

”Dengan pengukuhan ini, diharapkan mampu menjadi personel cadangan ketika setiap saat terjadi bencana. Utamanya di masing-masing wilayah,” tandas Prihanto yang juga Direktur Utama PDAM Tinta Lawu Karanganyar tersebut.

Penanganan bencana memerlukan kerja sama semua pihak. Prihanto meminta, pengurus SAR wilayah kecamatan yang baru dilantik, berkoordinasi aktif dengan camat serta forum komunikasi pimpinan kecamatan yang lain. ”Saya yakin pihak kecamatan, polsek, koramil dan yang lain akan mampu bahu-membahu dalam upaya pencegahan maupun penanganan bencana,” ungkapnya.