Terus Diterjang Banjir, Talut Jembatan Ambrol

Terus Diterjang Banjir, Talut Jembatan Ambrol

0
Jembatan penghubung Dusun Geritan menuju Kebonagung, Eromoko ini ambrol setelah digerus banjir, Kamis malam.

WONOGIRI – Bangunan talut jembatan penghubung Dusun Geritan menuju Dusun Kebonagung, Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko ambrol. Peristiwa ini terjadi karena dipicu intensitas hujan sedang dalam periode waktu lebih dari dua jam.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, akibat intensitas hujan sedang dalam periode waktu lebih dari dua jam mengakibatkan sungai di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Parangjoho, tepatnya di Dusun Kebonagung, Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko meluap. Dampak yang ditimbulkan bangunan talut jembatan penghubung Dusun Geritan menuju Kebon Agung, mengalami kerusakan di dua sisi. “Dua sisi talut ambrol, karena derasnya arus sungai,” kata Bambang, Jumat kemarin (7/4).

Selain kerusakan bangunan talut, kata Bambang, air luapan sempat menggenangi beberapa lahan pertanian warga masyarakat. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut, kerugian material diperkirakan sekitar Rp 6 juta.

“Upaya penanganan secara darurat telah dilakukan pada pagi hari ini (kemarin) oleh warga masyarakat setempat dibantu personel BPBD, aparat desa dan TNI/Polri,” ujarnya.