Kurangi Sampah Plastik dengan Cara Asyik

Kurangi Sampah Plastik dengan Cara Asyik

0
Sampah plastik dikreasikan menjadi beragam kolase menarik.

SOLO – Peduli lingkungan tidak perlu yang muluk-muluk. Cukup langkah sederhana, tapi hasil nyata. Itu yang dilakukan murid SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat.

Qoriroh Inaya serius melihat plastik bungkus makanan kecil yang baru saja dibelinya. Siswi kelas X SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat itu berulang kali membolak-balik plastik tersebut. Dia memastikan warna di plastik sama dengan pola dari kertas yang telah dibuatnya.

Secara perlahan, tangan kanannya memainkan gunting memotong kertas mengikuti pola yang ada.

Inaya, begitu dia disapa, beberapa teman satu kelasnya sedang membuat lukisan dari guntingan plastik. Dalam bidang seni rupa kerap disebut kolase. Yakni seni menempelkan suatu benda pada media gambar. Benda tersebut dapat berupa plastik, daun atau kain.

“Kita memakai plastik bekas makanan yang sudah dibersihkan. Plastik ini kita gunting sesuai dengan warna dan pola yang telah kita gambar,” kata Inaya.

Membuat kolase dari plastik bekas sebenarnya hampir sama dengan bahan yang lain. Hanya saja, pemotongan pola cenderung lebih sulit lantaran bahannya licin dan harus menyesuaikan warna.