4 Komponen Mobil Perdesaan Dibuat di Ceper

4 Komponen Mobil Perdesaan Dibuat di Ceper

0
Manajer Produksi Koperasi Batur Jaya Ceper, Afan Susanto menunjukkan komponen mobil perdesaaan yang akan dibuat. ANGGA PURENDA/RADAR KLATEN

KLATEN – Pembuatan prototipe mobil perdesaan bakal segera direalisasikan. Pascaadanya rencana peluncuran pada Agustus mendatang, oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Berbagai persiapan telah dilakukan. Salah satunya melakukan pendataan jenis-jenis komponen yang akan digunakan untuk mengembangkan mobil perdesaan. Bahkan empat komponen diantarannya akan dibuat di Koperasi Batur Jaya Ceper.

Ketua Koperasi Batur Jaya Ceper, Badrun Munir mengaku siap memproduksi empat komponen yang diperlukan dalam pembuatan mobil perdesaan tersebut. Adapun empat komponen yang akan diproduksi yakni tromol, kampas, satu set naf roda depan dan belakang,  brake drum depan dan belakang dan pully radiator.

“Kami memang dilibatkan dalam pembuatan mobil perdesaan. Tentunya kami siap untuk memproduksi keempat komponen itu dengan kemampuan yang kami miliki. Ya, diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi pengusaha cor logam di Klaten,” papar Badrun, Jumat (7/4).

Dijelaskan Badrun, jumlah pengusahan cor logam di Klaten terdapat 250 orang dengan total pekerjanya mencapai 3.500 orang. Pihaknya menyambut baik adanya proyek mobil perdesaan tersebut, karena menggandeng Industri Kecil Menengah (IKM). Menurutnya, pengembangan otomatif di Indonesia akan terus bergeliat jika sejak awal melibatkan para pelaku IKM otomotif untuk memproduksi seluruh komponen yang bakal digunakan.