Taman City Walk Slamet Riyadi Bakal Dibongkar Habis

Taman City Walk Slamet Riyadi Bakal Dibongkar Habis

0
Taman sepanjang city walk Slamet Riyadi yang ditumbuhi tanaman perdu akan dibongkar dan diganti paving box. DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO

SOLO – Taman di sepanjang city walk Jalan Slamet Riyadi bakal dibongkar habis. Pemkot menilai, taman tersebut tidak efektif sebagai resapan air serta justru menimbulkan kesan kumuh.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta Endah Sitaresmi Suyandari mengaku, rencana tersebut didukung oleh masyarakat yang memiliki usaha di sisi selatan Jalan Slamet Riyadi. “Taman di sepanjang Slamet Riyadi itu sekarang seperti susuh (sarang)Kesannya gelap dan tidak bersih. Pemandangannya pun tidak enak dipandang. Kalau (taman) itu dihilangkan, nanti jadi lebih padang,” kata perempuan yang akrab disapa Sita itu kepada wartawan Rabu (5/4).

Pembongkaran taman di city walk itu sebelumnya sudah dilakukan di depan rumah dinas wali kota Loji Gandrung. Bekas bongkaran taman kini dipasang paving block. Hal itu akan menjadi salah satu acuan untuk pembongakaran taman di sepanjang jalan Slamet Riyadi. “Yang mau berjalan kaki di city walk juga lebih nyaman, kan,” imbuhnya.

Lantas, bagaimana jika rencana itu mendapat pertentangan, terutama dari aktivis lingkungan? Dalam hal ini, pemkot sudah punya jawaban. Jika yang dipersoalkan adalah hilangnya resapan air setelah taman dibongkar, Sita meminta aktivis lingkungan untuk memberikan data penelitian tentang potensi itu. Serta dibuat perbandingan daya resap antara paving dengan taman. Apalagi, pohon-pohon besar yang ada di tepi Jalan Slamet Riyadi tetap dipertahankan.