Keberadaan Rumah Café di Solo Bakal Diatur

Keberadaan Rumah Café di Solo Bakal Diatur

0
Pemanfaatan rumah untuk café akan diatur dalam perda. DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO

SOLO – Perda Nomor 4 Tahun 2002 tentang Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum (URHU) dan Perda Nomor 3 Tahun 2005 mengenai Usaha Pariwisata bakal dilebur jadi satu. Perda yang baru tersebut nantinya juga mengatur tentang pemanfaatan rumah pribadi menjadi warung makan atau café.

Kasi Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Surakarta Siti Khotimah menguraikan, peleburan dua perda itu merujuk pada aturan di atasnya, yakni UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Di dalam perda akan dikaji kembali mengenai jenis usaha pariwisata.

”Dalam aturan sebelumnya 13 jenis usaha yang diatur tidak diharuskan mencantumkan TDUP (tanda daftar usaha pariwisata). Dalam aturan baru, tiap usaha yang ditentukan harus mencantumkan TDUP,” jelas Siti kepada wartawan usai penjabaran  kepada pansus raperda kemarin (4/4).

Selain itu, salah satu poin yang akan jadi fokus pembahasan adalah kawasan perkampungan di Solo yang kini beralih fungsi menjadi warung makan dan café. Nantinya dalam perda diatur jenis usaha mana yang diharuskan membuat izin khusus dan mana yang bukan.