Ratusan Rumah Keluarga Miskin Bakal Teraliri Listrik

Ratusan Rumah Keluarga Miskin Bakal Teraliri Listrik

0
Kebutuhan akan listrik tidak hanya bagi masyarakat perkotaan, tapi harus menjangkau sampai pedesaan juga. IWAN KAWUL/RADAR WONOGIRI

WONOGIRI – Ratusan kepala keluarga (KK) miskin akan segera mendapatkan sambungan listrik gratis dari Pemprov Jateng. Sementara puluhan KK miskin di Kismantoro masih menyambung listrik dari tetangga terdekatnya.

Kepala Seksi Pengawasan di Balai Pengkajian, Pengawasan, Pengendalian Energi Sumber Daya Mineral (BP3ESDM) Wilayah Sewu Lawu, Haryadi Joko Purwanto saat dikonfirmasi terkait ketersambungan listrik di wilayah Wonogiri memastikan bahwa tahun ini setidaknya ada 280 KK miskin yang akan mendapatkan sambungan listrik gratis dari pemprov. Menurutnya, setiap tahun pemerintah mengalokasikan dana untuk program kelistrikan bagi masyarakat tidak mampu.

“Kalau yang sambungan listrik gratis datanya sudah ada. Total 280 KK tersebar di 23 kecamatan di Wonogiri,” katanya.

Setiap kepala keluarga bisa menikmati pasokan 450 volt amper (VA) daya listrik melalui penyambungan listrik gratis ini. Program sambung listrik gratis dilaksanakan supaya masyarakat yang kurang mampu untuk dapat merasakan manfaat listrik.