852 Ton Rastra Ngendon di Bulog

852 Ton Rastra Ngendon di Bulog

0
Sejumlah pekerja Bulog sedang menata stok beras rastra yang belum disalurkan kepada warga, di Gudang Bulog Subdivre Karanganyar. RUDI HARTONO/RADAR KARANGANYAR

KARANGANYAR – Sebanyak 852,3 ton beras sejahtera (rastra) bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk Januari hingga Maret, masih mengendap di Gudang Bulog Subdivre Karanganyar. Belum dapat tersalurkan kepada warga yang membutuhkan. Ini disebabkan, adanya aksi saling tunggu antara bulog dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar.

Ya, sejauh ini pemkab dan bulog masih menanti hasil singkronisasi pendataan ulang yang dilakukan Kementerian Sosial dan Kementerian Pemberdayaan Desa. Terhadap jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima rastra.

Plt. Kepala Bagian Perekonomisn Setda Kabupaten Karanganyar, Ali Gufron mengungkapkan, jatah rastra Januari-Februari harusnya sudah didistribusikan kepada masyarakat, bulan ini. ”Terus terang kami belum berani untuk menyalurkan rastra tersebut. Meski dari bulog sendiri sudah siap. Karena kepastian dari pemerintah pusat beli fix. Nanti kami tunggu hasil itu,” terang Ali kepada Radar Karanganyar.

Pemkab sendiri saat ini sudah melakukan pendataan secara rinci, RTS yang berhak atas rastra tersebut. Tahun ini, terjadi kenaikan jumlah RTS yang mendapatkan jatah rastra. Dari 51.638 Kepala Keluarga (KK)  pada 2016, tahun ini naik menjadi 56.802 KK.