Restorasi Sungai, Kembangkan Wisata Air

Restorasi Sungai, Kembangkan Wisata Air

0
Bupati Joko Sutopo bersama tim BPBD menelusuri Sungai Krisak yang kini mulai bersaih dari sampah-sampah. IWAN KAWUL/RADAR WONOGIRI

WONOGIRI – Masih ada sungai-sungai di wilayah Wonogiri menjadi tempat pembuangan sampah. Agar hal ini bisa diatasi, warga Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri mulai mewacanakan pengembangan wisata air di Sungai Krisak, Kecamatan Selogiri.

Kepala Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri Karsanto ditemui di pinggiran Sungai Krisak mengatakan, desanya akan mengembangkan wisata air di Sungai Krisak. Ini sebagai bentuk tindak lanjut upaya untuk merestorasi sungai agar tidak semakin tercemar.

“Tidak muluk-muluk, hanya arum jeram kecil-kecilan. Anak-anak bisa bermain di air di sungai ini,” kata Karsanto, Selasa kemarin (28/3).

Menurut Karsanto, wisata air ini nanti akan dikelola Komunitas Sungai Singo Tirto Asri yang bisa juga bekerja sama dengan BUMDes. Target awal menuju wisata sungai ini adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai.

“Sudah diawali 2016 lalu. Sungai mulai dibersihkan. Saat ini sungai sudah terlihat lebih bersih dari sebelumnya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Sungai Singo Tirto Asri Sarto mengatakan bahwa masyarakat dilibatkan sepenuhnya untuk menciptakan sungai yang bisa dijadikan sebagai sarana edukasi dan hiburan bagi anak-anak. Dengan sungai yang bersih, nyaman dan tanpa sampah diharapkan bisa menjadi lahan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.