Polwan Ajak Warga Bersihkan Aliran Sungai

Polwan Ajak Warga Bersihkan Aliran Sungai

0
Memperingati Hari Air Seduia, sejumlah polwan dari Polres Karanganyar bersih-bersih Sungai Gabahan, Tasikmadu, Karanganyar, kemarin. ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO

KARANGANYAR – Sampah menggunung yang mencemari Sungai Gabahan, Tasikmadu, Karanganyar sering menyebabkan bencana banjir. Mengantisipasi hal ini, sejumlah personel polwan dari Polres  Karanganyar melakukan giat besih sampah di sungai yang terletak di sisi selatan Pabrik Gula Tasikmadu tersebut.

Selain mengantisipasi banjir, kegiatan yang  langsung dipimpin Pengendali Operasional (Dalops) Polres Karanganyar, AKP Suwarsi tersebut juga untuk memperingati Hari Air Sedunia. Sebagai catatn, Hari Air Sedia jatuh pada 22 Maret, hari ini. Saat bersih-bersih, para polwan ini dibekali sepatu boots, pelampung, dan kaos tangan dari plastik.

Mereka menyisir dan membersihkan sampah di aliran sungai . Baik dari aliran yang bersih ke aliran yang menjadi penghambat air mengalir. Tepatnya di bawah jembatan Tasikmadu. ”Sungai ini menjadi tempat pilihan kami, karena sering banyak sampahnya dan mengakibatkan banjir. Sehingga lalu lintas diatas jembatan jadi sedikit terhambat,” terang Suwarsi kepada Radar Karanganyar.

Menurut Suwarsi, sampai sekarang ini masih banyak warga yang belum sadar dan selalu membuang sampah ke selokan dan sungai. Padahal sampah atau limbah rumah tangga tersebut dapat mencemari sungai. Dari kegiatan ini, diharapkan warga ikut tergerak dan sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan, khusunya sungai.

”Dengan membersihkan sampah di sungai ini, kami sekaligus mengajak masyarakat agar juga peduli dan tidak lagi membuang sampah ke sungai. Karena bagaimanpun juga sungai sangat berfungsi bagi kehidupan,” ujarnya.