Pilih Cara Praktis, Petani Pakai Polybag

Pilih Cara Praktis, Petani Pakai Polybag

0
Petani di Tirtomoyo ini memilih bertani menggunakan polybag.

WONOGIRI – Warga Dusun Dadapan, Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri kini mencoba bercocok tanam di luar kebiasaan. Mereka mencoba menggunakan polibag yang diletakkan di sawah sebagai media tanamnya.

Ketua RT 05 RW 06 Dusun Dadapan Daryono mengatakan, warga terlebih dahulu meletakkan polybag yang telah diisi tanah di sawah. Selanjutnya, mereka menanam bibit sayuran ke dalam polybag tersebut.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 1.200 buah polibag yang kami gunakan. Selanjutnya, kami akan menambah 2.000 polybag lagi,” katanya, Rabu (8/3).

Menurutnya, hal itu dilakukan agar proses penanaman bisa lebih cepat. Dengan cara tersebut, mereka tidak perlu mengolah atau membajak tanah terlebih dahulu apabila hendak menggunakan plastik mulsa. “Cara ini bisa lebih cepat dari pada menggunakan plastik mulsa,” terangnya.

Sebelumnya, warga telah mengembangkan budi daya sayuran dan buah-buahan menggunakan pot atau polybag yang ditata dalam rak bertingkat sejak Januari lalu. Hal itu mereka lakukan agar sayuran dan tanaman buah-buahan tidak diserang penyakit maupun tergenang air selama musim hujan. (kwl/bun)