Rusak Ekosistem, 55 Beranjang Ikan di WGM Ditenggelamkan

Rusak Ekosistem, 55 Beranjang Ikan di WGM Ditenggelamkan

0
Petugas dari Dislapernak Wonogiri menenggelamkan beranjang-beranjang ikan, kemarin.

WONOGIRI – Setidaknya 55 beranjang apung ditenggelamkan oleh tim Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Wonogiri. Selain merusak populasi ikan, keberadaan beranjang juga merugikan para nelayan.

Kepala Bidang Perikanan Dislapernak Wonogiri Heru Sutopo mengatakan bahwa pihaknya kembali melakukan operasi keberadaan beranjang apung. Operasi kali ini dilakukan di wilayah perairan Waduk Gajah Mungkur di Baturetno.

“Kami memang rutin menggelar penertiban. Kali ini di wilayah Baturetno yang kami tertibkan. Timnya gabungan. Ada dari kepolisian, TNI dan dislapernak,” kata Heru, Jumat kemarin (17/3).

Menurut Heru, dalam penertiban itu setidaknya tim gabungan menenggelamkan 55 beranjang, menyita 10 buah jaring, 33 katrol atau kerekan. Beranjang yang terbuat dari bambu sengaja dirusak dan ditenggelamkan agar agar tidak digunakan lagi.

“Belum bisa mengamankan pemilik beranjang, karena saat melihat kedatangan tim, mereka langsung melarikan diri menggunakan perahu. Ada beberapa bekal nasi, tas dan pakaian yang ikut kami tenggelamkan, karena ditinggal pemiliknya,” terang Heru.

Lebih lanjut dikatakan Heru, keberadaan beranjang sangat mengganggu ekosistem waduk. Bukan ikan besar saja yang tertangkap, tetapi juga ikan-ikan kecil. “Branjang juga memicu pendangkalan dan mengganggu jalur pelayaran,” terang Heru.