Pembangunan Jembatan Grawah Cepogo Dipercepat

Pembangunan Jembatan Grawah Cepogo Dipercepat

0
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama rombongan melihat kondisi jembatan yang ambruk di Jurang Grawah, Desa/Kecamatan Cepogo, kemarin. TRI WIDODO/RASO

BOYOLALI – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov) Jateng segera membangun jembatan permanen. Pengganti jembatan Jurang Grawah di Jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) yang ambrol bebrapa waktu lalu. Pembangunan memakai Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Provinsi  Jateng, dengan mekanisme mendahului anggaran.

Mengingat jalur SSB sangat vital untuk masyarakat. Jalur ini merupakan akses utama ekonomi dan sosial masyarakat di lereng Merapi. ”Kalau disetujui, kita akan segera mulai bangun tahun ini,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada Radar Boyolali saat melihat lokasi jembatan yang ambrol, kemarin (16/3).

Mendahului anggaran ini dilakukan, lanjut Ganjar, mengingat anggaran APBD 2017 sudah mulai berjalan. ”Kalau tahun ini kita bisa bangun, paling tidak  pondasinya dulu. Maka tahun depan jembatan sudah jadi,” beber Ganjar.

Terkait teknis pembangunan, masih dalam pembahasan. Pemprov belum bisa menyebut besaran anggaran yang dibutuhkan. ”Konstruksi dari rangka baja. Tentunya dana yang dibutuhkan cukup besar,” ucap Ganjar.

Kepala Balai Pelaksana Teknis Jalan Wilayah Surakarta, Dinas Bina Marga dan Cipta karya Jateng, Untung Slamet Widodo menambahkan, pembangunan akan dikerjakan di sisi utara jembatan lama. Rancangannya lebih panjang dari jembatan sebelumnya. Mengingat letak geografis sungai Jurang Grawah yang ada di sisi utara jembatan lama cukup lebar.