E-Business: Antara Inovasi dan Pemerataan Kesejahteraan

E-Business: Antara Inovasi dan Pemerataan Kesejahteraan

1
Dr Anton A Setyawan, SE,MSi*

E-Business saat ini berkembang menuju sebuah revolusi bisnis. Revolusi yang terjadi karena perkembangan e-business ini tidak hanya pada jenis usaha saja, melainkan juga pada metode pemasaran, pengelolaan modal dan keuangan, operasional dan proses bisnis, serta sumber daya manusia dan perilaku organisasi.

E-business mulai berkembang sejak maraknya penggunaan internet di akhir 1990-an.  Combe (2006) mendefinisikan e-business sebagai penggunaan internet di dalam membangun jaringan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronik, komunikasi organisasi dan kerja sama di dalam perusahan serta konsumen, pemasok dan pemangku kepentingan lainnya.

Pada awal perkembangannya e-business hanya sekAdar menjadi media baru bagi pebisnis untuk mendukung aktivitas komunikasi pemasaran. Beberapa dari kita yang termasuk dalam generasi transisi dari teknologi analog menjadi teknologi digital (mereka yang lahir tahun 60-an sampai dengan 70-an) masih mengingat munculnya situs search engine (mesin pencari) dan e-mail (surat elektronik) seperti www.lycos.com, www.usa.net, www.yahoo.com dan www.altavista.com . Dua mesin pencari terakhir sudah ditutup, sedangkan www.lycos.com  dan www.yahoo.com sudah mulai kehilangan daya tariknya.

Namun demikian, empat mesin pencari tersebut menjadi pelopor e-business dengan iklan melalui internet. Yahoo bahkan kemudian berkembang dengan membuka layanan bisnis berbayar seperti Yahoo finance dan layanan belanja.

Munculnya mesin pencari Google pada 1998 dan berkembang sebagai sebuah perusahaan multinasional jasa dan produk internet, merupakan wujud  nyata dari revolusi bisnis.  Google yang kemudian melakukan ekspansi bisnis dengan mengembangkan produk seperti produk periklanan dengan Google Adsense dan Google Adwords, aplikasi pencarian dengan Google Search, Google Map dan Google Earth,  produk komunikasi yaitu, Google Mail dan Google Drive, serta produk sistem operasi telepon pintar Android membuat perusahaan ini menjadi raksasa e-business.

Google juga memperkuat bisnisnya dengan membeli beberapa situs terkemuka seperti YouTube, Nik software, Admob, Ita software dan Feedburner.  Google saat ini menjadi perusahaan terkemuka dalam e-business yang membawa rentetan perubahan dalam praktik bisnis kontemporer.

  • Indra

    Mantebs Mas Anton……. Jozzz Glodhakkk