Dishub Surakarta Terapkan Parkir Model Baru di Jalan Gatsu

Dishub Surakarta Terapkan Parkir Model Baru di Jalan Gatsu

0
Jalan Gatot Subroto yang akan diterapkan sistem parkir elektronik. DAMIANUS BRAM/RASO

SOLO – Kandas menerapkan sistem parkir elektronik di kawasan Coyudan, dinas perhubungan (dishub) Surakarta tidak patah arang. Cara serupa segera diaplikasikan di Jalan Gatot Subroto (Gatsu) dan Jalan Dr Radjiman dengan memodifikasi sarana prasarana sebelumnya.

“Tahun 2017 ini akan diterapkan dua jenis mesin parkir elektronik model baru. Nanti dipasang di koridor Gatsu-Radjiman terlebih dahulu,” kata Kepala Bidang Perparkiran Dishub Surakarta M. Usman, Senin (13/3).

Menurutnya, operasional parkir elektronik di Gatsu tetap menggunakan kartu e-parkir yang juga dapat dimanfaatkan untuk membayar tiket armada Batik Solo Trans (BST). Hanya saja, jika sebelumnya alat e-parkir dipegang juru parkir (jukir), kini akan dibuat dalam bentuk mesin e-parkir khusus yang “ditanam” di lokasi tertentu.

Ada dua model mesin e-parkir. Model pertama berbentuk stick setinggi 1,4 meter dengan panjang dan lebar mesin sekitar 45×30 sentimeter. Mesin tersebut akan dilengkapi tulisan Parkir Elektronik dan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ditanam di panel boks serta kunci khusus untuk buka dan tutup panel EDC.

“Mesinnya aman karena terdapat sistem pengamanan canggih dan tahan lama. Bodinya terbuat dari pelat alumunium composite,” jelas Usman.

Model kedua, imbuhnya, lebih lebar dari bentuk mesin pertama, tapi memiliki tinggi yang sama. Terdapat layar besar dan panel EDC serta dua tombol bertuliskan tombol tiket dan tombol bantuan.

Mesin parkir elektronik tersebut dipasang di sepanjang koridor Gatsu dengan jarak mesin satu dengan mesin lainnya sekitar 50 meter. Dipilihnya model stick dan boks untuk menyesuaikan lebar trotoar.

“Kalau lebar trotoar 2,5 meter pakai boks. Kalau 1,5 meter, ya pakai stick supaya tidak mengganggu pejalan kaki. Biar makin indah, juga diberi kanopi serta diberi aksen batik bertuliskan Spirit of Java khas Kota Solo,” terang Usman.